Skip to content

JENIS TARIAN YANG ADA DI TORAJA

2009 October 16
Posted by mtsdesainer

Lakon Ritual Aluk Todolo dalam menunaikan aturan keagamaan yang berwujud pada pemujaan terhadap Puang Matua, Deata maupun To Mambali Puang, banyak dimanifestasikan dalam bentuk seni tradisional seperti seni tari, seni suara, seni musik, seni sastra tutur, seni ukir dan seni pahat.

Kesenian yang diapresiasikan senantiasa berkaitan dengan Aluk Rambu Tuka’ dan Aluk Rambu Solo’. Pada umumnya jenis-jenis kesenian yang dipentaskan secara khusus untuk masing-masing kegiatan ritual adat, baik Rambu Tuka’ maupun Rambu Solo’. Namun ada juga jenis kesenian yang dipentaskan pada kedua jenis ritual. Jenis kesenian tersebut disebut Ada’ Basse Bubung, yaitu kesenian yang boleh dipentaskan pada upacara kegembiraan Aluk Rampe Matallo maupun pada acara kedukaan Aluk Rampe Matampu’.

Hampir semua ragam seni yang dipentaskan merupakan perpaduan beberapa ragam seni, seperti perpaduan antara seni suara dengan seni tari, seni tari dengan seni musik, atau seni suara dengan seni musik.

Jenis kesenian yang telah dikembangkan dalam budaya masyarakat Tana Toraja antara lain : Tarian Ma’gellu awalnya dikembangkan di Distrik Pangalla’ kurang lebih 45 km ke arah Timur dari kota Rantepao dan biasanya dipentaskan pada upacara khusus yang disebut Ma’Bua’, yang berkaitan dengan upacara pentasbihan Rumah adat Toraja/Tongkonan, atau keluarga penghuni tersebut telah melaksanakan upacara Rambu Solo’ yang sangat besar (Rapasaan Sapu Randanan).

Saat ini tarian Ma’gellu’ sering juga dipertunjukkan pada upacara kegembiraan seperti pesta perkawinan, syukuran panen, dan acara penerimaan tamu terhormat. Tarian ini dilakukan oleh remaja putri dengan jumlah ganjil dan diiringi irama gendang yang ditabuh oleh remaja putra yang berjumlah empat orang. Busana serta aksesoris yang digunakan adalah khusus untuk penari dengan perhiasan yang terbuat dari emas danperak seperti Keris Emas/Sarapang Bulawan, Kandaure, Sa’pi’ Ulu’, Tali Tarrung, Bulu Bawan, Rara’, Mastura, Manikkata, Oran-oran, Lola’ Pali’ Gaapong, Komba Boko’ dan lain-lainnya.

Tarian Boneballa’/Ondo Samalele’ sama seperti tarian Ma’gellu’ tarian ini juga termasuk jenis tari kegembiraan yang biasanya dipentaskan dalam upacara syukuran kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, rasa syukur atas keberhasilan/ kesuksesan keluarga besar dalam menyelesaikan pembangunan kembali (rehabilitasi atau restorasi) tongkonannya. Upacara ini biasanya disebut Merok, biasa juga dikaitkan dengan selesainya suatu keluarga menyelenggarakan upacara Rambu Solo’ yang besar mangrapai’/sapu randanan. Bone Balla’ ditarikan oleh kaum wanita dan remaja putri yang adalah keluarga yang berasal dari tongkonan itu. Tarian ini diiringi dengan tabuhan gendang yang iramanya dikenal dengan sebutan Oni Tumburaka dan Oni Tuntunpitu. Tarian Boneballa’ juga selalu diiringi dengan lirik lagu yang disebut Passengo/syair-syair pemujaan kepada Tuhan. Pakaian dari penari juga khusus dan memakai perhiasan yang sama dengan tari Ma’gellu’ namun lebih dilengkapi lagi dengan hiasan : Sissin Ake’, Tida-tida, Dodo Tannung Pamiring, Bayu Paruki’ dan Passapu. Tari Boneballa’ ditutup dengan tari massal yang diikuti dengan puluhan keluarga.

 

PERSAHABATAN

betapa menyenangkan punya sahabat sejati ………….mengapa semua menghindariku…??

Hati saudara gundah. Hasalah tak surut. Situasi buruk  siapa yang saudara cari? guru? orang tua? kebanyakan anak muda mengungkapkannya kepada teman.

Apa sih persahabatan itu? Ada yang namanya kenalan, teman, sobat dekat, dan sahabat sejati. Kita pasti punya kenalan. Orang yang bisa kita temui, tetangga yang kita sapa. Bila sering bertemu, saling sapa, kita jadi lebih mengenalnya, dan mungkin bisa jadi teman.

Teman2 akrab terjalin karena minat dan kegiatan yang sama. Saling membagi pengalaman, ambil waktu untuk bergaul. Ini menyenangkan.

Namun sahabat sejati adalah dambaan dan kebutuhan setiap orang…….. dia akan berdiri di sisi kita, tak peduli apapun situasinya. Dia mendengarkan kita dan secara tulus memiliki minat akan segala sesuatu demi kebaikan kita. Dia menyampaikan kebenaran, meskipun terkadang menyakitkan. Tapi kita akan oke-oke saja, sebab maksud yang baik baik dan dilakukan untuk kebaikan kita.

Sipa teman2 saudara? Hanya kenalan atau sahabat? Kadang-kadang, yang namanya sahabat bisa juga meninggalkan kita, atau mengecewakan kita, atau melukai perasaan hingga berkeping2. Namun ada satu kepastia : Yesus ingin menjadi sahabatmu yang sejati, dan bila saudara menerima persahabatannya, saudara tidak akan pernah kecewa!

 

APA YANG PALING DIANGGAP

PENTING DALAM PERSAHABATAN:

BISA MENYIMPAN RAHASIA………………………..89%
KESETIAAN………………………………………………..88%
PERHATIAN & SIKAP HANGAT…………………….82%
SUKA MENDUKUNG…………………………………..76%
JUJUR……………………………………………………….75%
PUNYA RASA HUMOR………………………………..74%
PUNYA WAKTU UNTUK KITA………………………62%
MANDIRI…………………………………………………..61%
PANDAI BICARA…………………………………………59%
CERDAS…………………………………………………….57%
PUNYA KEPEKAAN SOSIAL………………………….49%
SANTAI……………………………………………………..48%
SUKA SENYUM…………………………………………..30%
PENDIDIKAN SEPADAN………………………………17%
USIA SEPADAN…………………………………………..10%
KEREN………………………………………………………..9%
SIKAP POLITIK SAMA……………………………………8%
MINAT AKAN PEKERJAAN SAMA…………………..8%

CINTA

Saya cinta berat pada lagu itu.”
” saya kadang jatuh cinta.”
” Yuk, kita bercinta”.

Banyak nian pengertian tentang cinta. Begitu banyak yang muncul dari lima huruf ini c……i….n….t…a… Namun, apa sebetulnya cinta itu?

Mana paling dasyat? Ledakan percobaan nuklir bawah tanah, atau dentuman saat pesawat ulang-alik lepas landas; atau sorak sorai milyaran penduduk dunia saat melewati jam 12 tengah malam tanggal 31 desember………. Tidak ada kuasa yang paling kuat dari pada CINTA.

Para psikolog sepakat bahwa kebutuhan manusia yang paling mendasar adalah dicintai! Cinta bisa menjadi daya pendorong bagi seseorang untuk berprestasi…..bisa memotivasi tingka laku yang luhur….. bisa mengakibatkan sepasang muda-mudi berlaku konyol.Cinta memberi arti pada kemanusian, dan menimbulkan harapan serta tujuan hidup. 

Kalau cinta begitu menakjubkan, mengapa cinta menjadi langkah di dunia kita? Mengapa ada demikian banyak kebencian. Cinta sejati melampaui cinta romantis.Cinta sejati melampaui perasaan-perasaan pribadi yang gelisa,dengan jantung yang berbunyi dak…..dik………duk dan mulut yang gampang berkata, “ai lap yu” ( I LOVE YOU)

Cinta sejati hanya datang dari Allah. Cinta sejati adalah sebuah pilihan  yang harus diambil. Pernyataan cinta yang terbesar saat orang memberi hidupnya bagi yang dicintainya. Ada seorang ibu yang tetap mengasihi anaknya sekalipun anak itu selalu menghinanya lantaran ibu itu tak berdaun telinga, pada hal…..dan telinganya telah didonarkan bagi si anak itu pada waktu ia lahir tanpa daun telinga.

Tatkala manusia berontak kepada Tuhan dan menciptakan sendiri atura2 main serta nilai2 sesui keinginannya, mereka menolak wibawa Tuhan. Saat itu, mereka kehilangan sumber cinta sejati, sehingga kegiata2 agamawi jadi tanpa arti.

Allah begitu mencintai manusia, sehingga dia mengutus Yesus untuk mati disalib menggantiakan manusia yang berdosa, sehingga manusia beroleh hidup yang kekal.

Cinta adalah sifat dasar Allah. Cinta Allah amat jauh dari pengertian kita. Sebab kita cenderung untuk mencintai mereka yang mencintai kita. Namun, Allah mencintai bahkan ketika kita memusuhiNya.

BIla kita menyerahkan diri kepada Allah, maka kita akan menerimah cinta sejati, sehingga kita mampu mencintai orang lain dengan cinta sejati itu.

PERINTAH YANG TERBESAR ADALAH KASIHILAH TUHAN ALLAMU DENGAN SEGENAP HATI, JIWA KEKUATAN, DAN PIKIRANMU.

YANG KEDUA ADALAH KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA SEPERTI DIRIMU SENDIRI.

KUNCI KESUKSESAN

“Hanya inikah makna hidup?”

BEBERAPA PRINSIP PENTING YANG MENDUKUNG KESUKSESAN YAITU :

MEMILIKI TUJUAN YANG JELAS
BERTAHAN BILA ADA TANTANGAN
BERSIKAP OPTIMIS DAN PERCAYA DIRI
MENGERJAKAN YANG TERBAIK
BEKERJA KERAS
MEMILIKI STANDAR ETIKA YANG BENAR SERTA KEJUJURAN PRIBADI
SERAHKAN HIDUP KEPADA TUHAN
One Response Leave One →
  1. October 16, 2009

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Leave a Reply